Jumat, 05 Desember 2014

// // Leave a Comment

Bekam atau cantuk adalah metode pengobatan pada zaman Baginda Rosul SAW

Assalamu alaikum Saudara se'iman ku yang berbahagia , semoga di hari ini kita masih di tetapkan dalam ke'imanan yang kuat . Hari ini saya akan berbagi ilmu lagi dengan anda semua di sini , tentang amalan " sunnah rosul .
Hari ini kita akan memmbahas metode pengobatan zaman baginda rosul. 
Di zaman Baginda Rosul ada sebuah Pengobatan yang insya Allah tentunya kita sudah sama mengetahuinya "CANTUK atau BER BEKAM " ya ini lah metode pengobatan di Zaman Rosulullah, sebuah metode Pengobatan Dengan cara di sedot darahnya ! waduh, ngeri bnget dong nanti bisa mati , bukan , bukan begitu maksudnya. CANTUK adalah metode Pengobatan Dengan Cara menyedot darah kotor Keluar melalui kulit dengan menggunakan jarum atau silet. adapun alatnya bermacam - macan, ada yang menggunakan mesin vacum (Kiri ) ada jg dgn cara Tradisoonal yaitu dengan menggunakan Gelas beling(kanan) .


dan Bekam juga merupakan perintah Allah SWT kepada nabi muhammad , di jelaskan dalam sebuah khadist 
عَنِ ابْنِ عَباَّس ؛ ازَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عَلَيه وَسلام  قاَلَ ((ماَ مَرَرْتُ لَىِلَةَ أُسْرِىَ بى ِِبمَلاَءٍ مِنَ الْمَلاَىِٕكَةِ ، ِإِلاَ كُلُّهُمْ يَقُولُ لىِ : عَلَيكَ ،" ياَ مُحَمَدُ ! بِا الحِجاَمَةُ 
yang artinya " dari Ibni Abbas dia berkata : sesungguhnya Rosululloh SAW pernah Bersabda " suatu malam Aku ( Nabi ) pernah bermimpi ,yang di dalam mimpi itu Aku bertemu dengan Para Malaikat ( juga Malaikat Jibril )  , dan kesemuanya malaikat itu sama berkata kepadaku : " Hai Muhammad , Menetapilah Kamu Pada Khijaamah ( Berbekam ) .

 HR . Sunan Ibni Majah Jilid 3 . K.Tibbi N0.3447  

Dari hadist dia atas dapat di simpulkan bahwa berbekam itu adalah termasuk perintah Allah yang  di tujukan pada Nabi Muhammad . berbekam dalam ilmu kesehatan adalah merupakan pengobatan yang sangat bagus , Karena Tanda ada efek samping dan tanpa menimbulkan alergi seperti obat . 

adapun titik - titik berbekam dan penyakit yang bisa di obati adalah:

1. Titik  يَفُخْ (yafukh ) 
Lokasinya berada di pertemuan 2 ujung telinga tepat diatas kepala/ tempat bertemunya dua tulang kepala depan dan belakang . Berkhasiat untuk mengatasi masalah - masalah seperti Stroke , Sakit Kepala , Stress, Gangguan jin dll.
`


2. Titik   أُمُّ مُغِثُ (Ummu Mughists ) 
Terletak di tengah -tengah Kening . Berkhasiat  Untuk Sakit Kepala , Sinus dan Masalah - masalah mata .
 3.Titik    الْكَتِفَينِ ( Al - Katifain)
Letaknya Berada di Bahu Kiri dan kanan
Berkhasiat Untuk Menyembuhkan diri dari Keracunan , juga Melancarkan Pembuluh darah di tangan dan kepala .



 4. Titik  ِالوَا رِكُ (Al Warik )
Lokasinya di Pinggul Kiri dan Kanan .
BerKhasiat sebagai perbaikan organ Ginjal , Prankeas, Usus , juga Organ Reproduksi juga Melancarkan Peredaran darah ke kaki .

 5. Titik  ظاَرِالقَدَمِ 9( Dhoril Qodami )
Letaknya di Belakang Betis Kiri daBetis Kanan
Berkhasiat untuk Melancarkan Peredaran Darah kekaki


6.Titik   الْكَحِهِلُ  ( Al - Kahil )
Letaknya Berada di Tengkuk /Ujung atas ruas belakang di antara dua bahu.
Berkhasiat Mengobati Segala Macam Penyakit . Mengapa Begitu ? karena inimerupakan pertemuan tujuh titik meridian dalam tubuh dan juga merupakan serabut syaraf tulang belakang ke arah jantung , paru - paru , Bronkus serta Lambung . Titik  ال اَحْدَىِٕنُ  (Al - Akhda"in)
Letaknya berada di dua sisi urat leher
Berkhasiat untuk Mngobati sakit kepala, wajah, mata dll.

7.   Titik  ال اَحْدَىِٕنُ  (Al - Akhda"in)
Letaknya berada di dua sisi urat leher
Berkhasiat untuk Mngobati sakit kepala, wajah, mata dll.
 8.Titik  إِلْتِوَعُ ( Iltiwa' )
Letaknya berada di bawah mata kaki sebelah dalam
Berkhasiat Untuk melancarkan perederan darah dan syaraf  ke kaki dan sekitarnya


 9.Titik  Tempurung Kaki
Letaknya pada Tempurung Kaki kiri dan kanan
Berkhasiat Untuk mngatasi masalah Haid , Sakit pada paha betis dll.

10. Titik Pangkal Paha
Letaknya di pangkal Paha di bawah pantat kiri dan kanan
Berkhasiat Untuk melancarkan Peredaran darah ke kaki

Demikianlah titik pengobatan bekam yang telah di ajarkan oleh baginda Rosul, dengan cara membuang darah kotor yang ada di dalam tubuh , akan membantu melancarkan organ syaraf yang ada di dalam tubuh kita. karena dengan adanya darah kotor itu kita gampang terserang penyakit - penyakit yang berbahaya seperti stroke kanker dll.

di dalam hadist ibnni majah k. tibbi Nabi juga pernah menjelaskan "

عَنْ أَبىِ كَبْشَةَ الْأَنْماَرِىِّ ؛ أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلاّم كاَنَ يَحتَجِمُ عَلىَ هاَمَتِهِ ، وَ بَيْنَ كَتِفَيْهِ ، "مَنْ أَهْرَاقَ مِنْهُ هٰذِهِ الدِّماَءَ ، 
فَلاَ يَضُرُّهُ أَنْلاَ يَتَدَاوَى بِشَيْءٍ لِشَيءٍ"      رواه إبنى مجة كتب الطب
Artinya " Dari Abi Kab'syah  Al Anmariyi, sesungguhnya dia pernah bercerita suatu hadist yang  isinya bahwa sesungguhnya Nabi SAW ,  Pernah Berbekam di tengah - tengah kepalanya dan juga di antara belikatnya , dan Nabi juga Pernah Bersabda "Barang Siapa Yang mau Mngalirkan darah ini ( Darah kotor ) maka tidak akan ada penyakit yang menenmpel sedikitpun "

Hal ini Terbukti Karna Menurut Hasil penelitian yg telah di kembangkan , Terbukti bahwa darah kotor itu terletak mengambang di di dalam tubuh, dan bisa mnyumbat jalur pembuluh - Pembuluh darah yang mengakibatkan darah kurang lancar danlebih berbahayanya lagi bisa mngakibatkan kematian . dari sini bisa kita simpulkan bahwa semakin sedikit garah kotor yang ada di tubuh kita maka sedikit pula resiko penyakit menghinggapi tubuh kita sdan semakin rendah resiko kematian pada diri kita , kecuali, kalo udah qodarnya mati .

Nah itu tadi kan cara -cara untuk berbekam , sekarang hari yang pas untuk berbekam kapan sih ? Kita Patut bersyukur Kepada yang maha kuasa, karena telah mngutus Rosul sebaik Nabi Muhammad SAW. Sungguh mulianya Nabi kita ini, bukan hanya mengajarkan caranya saja tapi mengajarkan kapan wakt yang  pas untuk berbekam .

di jelaskan juga dalam sebuah hadist yang sama :


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَلِكٍ ؛ اَنَّ رَسُولَ اللهُ صَلىَّ اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلاَّ مُ، قَال مَنْ اَرَادَ الْحِجاَمةُ فَلْيَتَحَرَّ سَبْعَةَ عَشَرَ ، أَوْ تِسْعَةَ عَشَرَ ،أَوْ إِحْدَى              وَعِشْرِيْنَ .وَلاَ يَتَبَيَّغْ بِأَحَدِكُمُ الدَّمُ ،فَيَقْتُلُه
 راوه إبن ماجة كتب الطّب .

Artinya :
dari Anas Bin Malik dia berkata " Seungguhnya Rosulullah SAW pernah bersabda " Barang siapa yang menghendaki untuk cantuk ( berbekam ) maka suapayakan mengerjakannya di tanggal 17, atau 19 , atau 21 . dan janganlah kalian menumpuk - numpuk darah kotor , yang nantinya darah kotor itu akan membunuh kalian ( mengakibatkan KEMATIAN

 HR.Sunan Ibni Majah K.Thibbi .

dan di hadist yang lain juga yang berbunyi : 



الحديث... فَإِنَّهُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلام يَقُولُ " الحِجاَمَةُ عَلىَ الرِّقِ أَمْثَلُ . وَفيِهِ شِفاَءٌ وَبَرَكَةٌ ، وَتَزِدُ فيِالعَقْلِ وَفِيِ الحِفْظِ . فَاحْتَجِمُوا عَلىَبَرَكَةِ اللهِ يَوْمَ الخَمِيسِ وَاجْتَنِبُ الْحِجاَمَةَ يَوُمَ الأَرْبَعاَءَ وَالجُمُعَةِ وَاسَبْتِ وَيَوُمُ الأَحَدِ ، وَحْتَجِمُوا يَوُمَ الإثْنَيْنِ وَالثُلاَثاَءِ ، فَإِنَّهُ اليَوُمُ الَّذِى عاَفَى اللهُ فِيْهِ أَيُّوبَ مِنَ البَلاَءِ . وَ ضَرَبَهٗ بِالبَلاَءِ يَوْما الأَرْبِعاَءِ . فَإِنَّهُ لاَيبْدُو جُذاَمٌ وَلاَ بَرَسٌ إِلاَّ يَوْمَ الْأَرْبِعاَءِ ،أُوْ لَيْلَةَ الْأَرْبِعاَءِ "  

رواه إبن ماجة كتب الطب 

Artinya:
 Sesunngguhnya aku ( Ibni Umar ) pernah mendengar Nabi pernah brsabda " Cantik ( Berbekam ) di waktu menjelang sarapan adalah lebih utama , dan di dalam Cantik ( Bekam ) Terdapat  obat juga Kebarokahan , dan juga menambah pada Akal dan Hafalan,  maka dari itu Berbekamlah kalian pada hari Barokahnya Allah yaitu di hari Kamis ,  dan menjahuilah kalian pada hari Rabu , Jum'at, Sab'tu
 dan Minggu. dan berbekamlah kalian di hari Senin ,atau Selasa , karena sesungguhnya di hari itulah allah telah menyembuhkan penyakit Nabi Ayub .dan Nabi Ayub tertimpa musibah di hari Rabu . dan ingatlah Sesungguhnya Allah tidak menurunkan suatu penyakit Keuali di hari Rabu atau Malam Rabu.


Dari sini dapat kita ambil kesimpulan bahwa hari yang baik untuk berbekam adalah hari Senin, Selasa, dan Kamis.  adapun yang Kurang  baik adalah di hari Rabu, Jum'at ,Sabtu dan Minggu . 
dan waktu yang tepat dalah menjelang waktu Sarapan .

Demikian  info yang bisa saya bagikan semoga ilmu ini dapat bermanfa'at buat kalaian semua , saudar se'iman .

Akhiru Qoulihadza  Wassalamu Alaikum Waarohmatullohi wabarokatuh . 

0 komentar:

Posting Komentar